Jumat, 19 Agustus 2011

Serangan Teror Bertubi-Tubi di Selatan Israel; 7 orang tewas

Empat serangan teror di dekat Eilat membunuh 7 orang, 31 penumpang bus luka-luka, serangan ditargetkan kepada patroli militer dan mobil pribadi; IDF membunuh 7 teroris. Pasukan keamanan menyatakan siaga tinggi di sektor selatan.

Teroris dipersenjatai dengan senjata berat dan bahan peledak melancarkan empat serangan secara beruntun di Israel selatan dekat perbatasan dengan Semenanjung Sinai Mesir pada hari Kamis, menewaskan tujuh orang dan melukai 31 lainnya, kata pejabat berwenang.

Para penyerang menargetkan bus penumpang, patroli militer dan mobil pribadi. "Kita berbicara tentang skuad teror yang menyusup ke Israel," kata juru bicara IDF Letnan Kolonel Avital Leibovich. "Ini adalah serangan teroris gabungan terhadap Israel."

Perburuan teroris berlanjut. Seorang pejabat yang melaporkan sekitar jam 6 sore pasukan telah menemukan tempat penyerangan lainnya dengan bahan peledak yang siap diledakkan. Pejabat pertahanan mengatakan kelompok yang melakukan serangan itu terdiri dari 10-20 teroris dan pasukan keamanan berhasil membunuh tujuh. Sebuah alat peledak ditemukan di salah satu jenasah dan teroris lainnya terlihat melarikan diri ke Mesir.


Pejabat percaya kkelompok itu merencanakan serangan yang lebih luas, tetapi respon yang cepat oleh IDF dan pasukan khusus mencegah korban bertambah.

Serangan-serangan itu dimulai sekitar jam 12 siang, ketika sebuah kelompok yang beranggotakan tiga teroris menembaki bus Egged 392, menuju Eilat. Saksi mata mengatakan tiga teroris tersebut, mengenakan seragam tentara, melepaskan rentetan tembakan ke bus yang terisi penuh oleh penumpang.


Pihak berwenang mencurigai teroris muncul dari sebuah mobil putih yang mengikuti bus. Mereka keluar dari mobil dan mulai melontarkan peluru ke bus, menembak dari atas bus ke bawah bus.

Tentara yang berada di dalam bus membalas tembakan dan kemudian mulai untuk mengobati yang terluka. Bus berhenti ketika mencapai sebuah pos pemeriksaan IDF di persimpangan Netafim.

Serangan kedua, yang berlangsung di sekitar pukul 12.30 WIB, terjadi di dekat perbatasan Mesir. Alat peledak diledakkan dengan tujuan melukai IDF yang sedang menuju ke tempat serangan pertama. IDF mengatakan ada sejumlah korban.


Dalam serangan ketiga, yang berlangsung pukul 12:40, sebuah mortir meledak di dekat kendaraan. Tidak ada yang terluka.

Dalam serangan keempat, yang terjadi jam 1:30, teroris menembaki bus lain dan kendaraan pribadi. Selain itu, rudal anti-tank diarahkan ke bus, tetapi menghantam kendaraan pribadi dan membunuh semua orang yaan tersebut.

Setelah serangan keempat, pasukan khusus menembaki para teroris dan bentrokan terjadi. Menurut laporan, sejumlah teroris tewas.


Menurut Juru Bicara Unit IDF, pasukan IDF yang tiba di tempat serangan pertama menabrak sebuah alat peledak, dan tentara terluka. Kepala IDF Staf Letnan Jenderal Benny Gantz dan Komisaris Polisi Yohanan Danino menuju ke Komando Selatan GOC, di mana mereka akan berunding dengan Kepala Komando Selatan Mayor Jenderal Tal Russo.

Para pejabat militer mengatakan serangan itu direncanakan dengan baik dan seluruh teroris terkoordinasi. Selain senapan, teroris juga memiliki sejumlah rudal seperti yang mereka miliki, dan ketakutan tentara adalah mungkin teroris telah merencanakan untuk menculik seorang tentara.

Pria yang terluka di Jalan Tol no.12

AS mengutuk seranganperingatan dikeluarkan untuk Sinai
Menurut Dr Miki Saraf, tujuh orang yang terluka dievakuasi ke Rumah Sakit Soroka di Bersyeba. Dia mengatakan salah satu dari mereka terluka saat ini sedang menjalani operasi dan beberapa orang lainnya mungkin akan dioperasi juga.

Kehadiran pasukan keamanan bersenjata berat masih diperlukan di daerah tersebut, seperti pemburuan besar-besaran yang saat ini sedang berlangsung melibatkan pasukan darat dan pesawat IDF.

Polisi Eilat telah memerintahkan penempatan darurat polisi di daerah tersebut dan ruang monitor keadaan telah dibentuk di Rumah Sakit Yoseftal yang telah dinyatakan sebagai peristiwa korban massa.

Semua jalan menuju ke Eilat telah ditutup, seperti jalan menuju ke lapangan udara Ovda. Bandara Eilat telah disiagakan.

Selain itu, Biro Anti Teror merilis sebuah pernyataan Kamis malam memperingatan warga Israel yang mengunjungi Sinai. Warga Israel yang berada di sana harus segera meninggalkan Sinai, menambahkan pernyataan itu.

"Menyusul teror di selatan, harap dicatat bahwa travel warning masih berlaku di Sinai," kata Biro Anti Teror.

AS mengecam serangan itu. "Kami mengecam serangan brutal teroris di Israel selatan hari ini. Turut belasungkawa terdalam kami kepada korban, keluarga mereka dan orang yang dicintai dan kita berharap korban yang terluka cepat sembuh. AS dan Israel bersatu melawan teror dan kami berharap orang-orang di balik serangan ini akan dibawa ke pengadilan secepatnya. "kata juru bicara Departemen Luar Negeri  kepada Ynet.


Mesir membantah keterlibatannya
Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Ehud Barak mengadakan penilaian keamanan setelah serangan tersebut. Kantor Perdana Menteri kata Netanyahu sedang diberitahu tentang situasi terkini

"Ini adalah serangan teror besar di beberapa tempat. Hal ini mencerminkan Mesir gagal di Sinai dan munculnya unsur-unsur teror," kata Barak. "Ini serangan teror berasal dari Gaza. Kami akan membuat langkah-langkah melawan teroris.."

Kamis, seorang pejabat keamanan Mesir membantah bahwa Mesir telah terlibat dalam serangan. Pejabat itu mengatakan kepada media Mesir bahwa para teroris bersenjata beroperasi dari dalam perbatasan Israel.

"Mesir sama sekali tidak terlibat dalam insiden tersebut, karena sulit untuk menembus perbatasan Mesir-Israel. Selain itu, adalah mustahil untuk melepaskan tembakan dari sisi Mesir ke Israel karena jarak yang jauh." katanya.

Ynet belajar Kamis bahwa sesaat sebelum serangan Kamis, Yordania telah menyampaikan pesan ke Israel berdasarkan agent intelejen mereka yang menunjukkan sebuah kelompok teror sedang merencanakan serangan seperti itu.

Peringatan itu di belakangnya dengan indikasi pembentukan pertahanan dari ancaman yang jelas dan teror hadir di wilayah Selatan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar